Shanley Hotel

Maklon Kosmetik Bekasi

5 Istilah Maklon Kosmetik yang Perlu Anda Ketahui

Jasa maklon kosmetik Bekasi makin diminati pasar saat ini. Anda juga bisa memanfaatkannya bila Anda hendak membuat brand kosmetik Anda sendiri. Namun ada beberapa istilah yang juga mesti Anda pahami lebih dahulu, sebelum terjun ke dalam bisnis ini. Anda bisa menyimak kelima penjelasan dari istilah istilah tersebut, di bawah ini. 

Istilah Maklon Kosmetik yang Perlu Anda Ketahui

Job by Order Maklon

Anda bisa merujuk istilah ini pada arti dari pekerjaan produksi yang dilakukan oleh penyedia jasa. Jadi penyedia jasa akan melakukan tugasnya setelah menerima pesanan dari klien, para pengguna jasa, atau pemilik brand brand kosmetik yang ada. 

Cut, Make, Trim (CMT)

Selanjutnya ada istilah cut, make dan trim yang disingkat dengan sebutan CMT. Anda bisa merujuk istilah ini ketika berkaitan dengan permasalah konveksi dan percetakan. Ini sebenarnya bisa cocok juga bagi para pengusaha jasa maklon yang bergerak di bidang tekstil seperti pembuatan bahan pakaian, celana, dan sebagainya. 

Maklon Kosmetik Bekasi

Toll, Contract dan Fully Fledged Manufacturing 

Anda perlu juga mengetahui 3 istilah dampingan yang berkaitan dengan insudtri maklon kosmetik. Pertama, ada toll manufacturing. Istilah ini berarti jasa maklon yang menyediakan pembuatan atau produksi saja. Perusahaan ini tidak menyediakan bahan baku dari produk tersebut. 

Kemudian ada contract manufacturing. Istilah ini untuk mengartikan bentuk fasilitas yang lebih lengkap dari istilah sebelumnya. Perusahaan jasa dari contract manufacturing ini tidak hanya menyediakan proses pembuatan. Perusahaan jasa juga menyediakan bahan baku yang Anda perlukan. 

Selanjutnya ada fully fledged manufacturing yang memiliki fasilitas paling lengkap dari kesemuanya. Layanan jasa jenis ini menyediakan bahan baku, proses pembuatan, hingga bertanggung jawab terkait legalitas serta marketing produk. Istilah ini biasanya juga disebut sebagai one stop makloon. 

ODM dan OEM

Anda bisa mengetahui 2 istilah selanjutnya yang saling berkaitan yakni Original Design Manufacturer dan Original Equipment Manufacturer. ODM adalah jasa maklon yang membebaskan kliennya untuk memiliki brand sendiri. Begitu pula dengan perkara desain dan spesifikasi produk yang akan di hasilkan. Sementara OEM adalah kebalikannya. OEM tidak bisa dengan leluasa menentukan sendiri. OEM biasa juga di kenal dengan istilah white label. 

Formulasi dan Sampel

Terakhir ada istilah formulating dan sampling. Formulating ini merupakan rangkaian bahan produk yang akan di racik. Racikan akan sesuai dengan kesepakatan klien atau pemilik brand. Selanjutnya formula yang sudah di bikin menjadi berbentuk sampel sampel yang siap di uji cobakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *